mengenal manfaat dari Nitrogen


nitrogen adalah gas yang mempunyai peran penting untuk dalam berbagai macam bidang dalam kehidupan industri perminyakan, bengkel, ban kendaraan, rumah sakit, industri makanan, hingga berbagai pemanfaatan lainnya.
disaat manusia bernapas juga ada beberapa gas yang dihirup yaitu salah satunya nitrogen.Nitrogen (N2) merupakan gas yang tak berbau, tak berwarna, tidak ada rasa , dan bersifat Inert yaitu gas diatomik bukan logam yang stabil dimana sangat sulit berekasi dengan unsur dan senyawa lainnya. Nitrogen  mengisi kurang lebih 78% atmosfer bumi sisanya Oxygen (O2) 21%, Argon (Ar) 1% dan gas lainnya. Nitrogen  terdapat dalam banyak jaringan hidup dan pembentuk banyak senyawa penting seperti asam amino dan asam nitrat yang merupakan komponen terpenting pembentuk DNA dan RNA yaitu sejenis protein cikal bakal kehidupan makhluk hidup.


ini kandungan gass dalam udara
1% Water Vapor dan Gas Lain – dilepaskan hingga 250 kali lebih cepat dari pada Nitrogen
21% Oksigen – dilepaskan 3-4 kali lebih cepat dari Nitrogen
78% Nitrogen – Molekul terbesar diudara, kering, tidak mudah terbakar.

mari kita bahas apa sajakah manfaat nitrogen bagii kehidupan kita

>pertama dalam dunia medis
Dalam dunia medis, Nitrogen cair (-196 ° C) digunakan untuk

    a. Membekukan dan menjaga darah, sperma, embrio, sel-sel sumsum tulang dan sampel jaringan hidup yang lain dlm periode yang cukup lama.
    b. Nitrogen cair dapat digunakan untuk bidang dermatologi, pada penggunaannya adalah salah satu cara yang paling efektif dan manjur untuk membakar kutil dan tumor kulit jinak kecil yang tetap menular.


>Otomotif dan Transportasi
industri otomotif menggunakan nitrogen dalam kombinasi dengan gas lain untuk pengelasan suku cadang mobil, frame, muffler dan komponen lain karena kemampuannya untuk memberikan suasana yang dibutuhkan untuk menghasilkan lasan yang memadai dengan bahan yang digunakan. pada otomotif juga sangat dikenal sebagai gas yang digunakan untuk ban mobil atau motor.

> pada makanan dan juga minuman
Nitrogen merupakan sumber kriogenik dalam membantu saat proses pendinginan, pembekuan dari macam-macam makanan dan minuman. Karena suhu yang sangat dingin dapat menjadi perendaman/proses pembekuan dalam nitrogen cair adalah metode pembekuan yang paling cepat untuk menghasilkan makanan yang beku.

dan masih banyak lagi manfaat dan fungsi dari nitrogen

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "mengenal manfaat dari Nitrogen"

Post a Comment