keuntungan anomali air seperti ES BATU mengapung di AIR


fisikawan24 inilah Definisi anomali air adalah sifat kekecualian pada air. umumnya, suatu zat  memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan, tetapi jika itu dilakukan pada air, dan air tidak akan memuai dan menyusut karena air mempunyai sifat khas. Jika air dipanaskan antara suhu nol derajat celcius, sampai empat derajat celcius, volumnya akan menyusut. molekul H2O dalam bentuk padat (es) penuh dengan rongga, sedangkan dalam bentuk cair (air) lebih rapat. Dengan demikian, pada saat dipanaskan, molekul H2O (es) akan merapat lebih dahulu, akibatnya volumnya menyusut. Oleh karena itu, es juga terapung di air.


Sifat es yang selalu terapung ini memiliki peran yang vital pada kehidupan kutub. Es yang mengapung di permukaan laut kutub menjadi semacam penghalang bagi masuknya suhu beku ke dasar laut, sehingga ikan-ikan dan biota laut lainnya masih dapat bertahan hidup. Jika saja es memiliki sifat tenggelam ke dasar air, maka laut di kutub akan membeku semuanya dan tidak akan ada makhluk yang mampu bertahan hidup di sana. Tidak ada ikan artinya anjing laut tidak bisa hidup. Tidak ada anjing laut artinya beruang kutub juga tidak bisa hidup. dan juga contoh di danau, Ketika lapisan es terbentuk di prmukaan danau, seluruh air di dalam danau akan berada pada temperatur 4 derajat celcius. Tidak pduli berapa dingin cuaca diluar, air yang dapat  menjadi lebih dingin dari 4 derajat celcius akan tetap diatas  ( karena lebih ringan), dan ikan dibawah lapisan es tidak pernah merasakan lebih dingin dari itu. Apalagi sampai membeku.

Kita lebih beruntung dengan adanya anomali air. Air yang mendingin atau membeku, mulai pada suhu 0-4 derajat celcius akan mengembang (volume membesar). Sifat termal air ini dikenal sebagai anomali air. Meskipun namanya anomali (menyimpang), namun karena sifat inilah maka kehidupan mahluk hidup lebih sempurna. Berikut ini beberapa catatan “keuntungan adanya anomali air”, Air yang membeku dalam bebatuan, karena volumenya membesar maka mampu memecahkan bebatuan, dengan begitu mineral dalam batuan bisa keluar dan memberikan manfaat bagi kehidupan (tumbuhan dan lain-lain). Jadi kemampuan air untuk masuk pada celah-celah bebatuan. Pada suhu 4 derajat, ukuran air (volume) paling kecil, kemudian akan membesar sampai ke titik beku.

mari kita bahas lagi Air pada kondisi dingin mendekati titik bekku, membesar karena setiap 6 molekul air membentuk heksagonal dan dapat menangkap molekul udara lebih banyak. Karena itu pula, air dalam kondisi ini membuat :”dingin lebih nikmat”, kandungan oksigen dalam air lebih banyak dari pada temperatur kamar. baca juga batterai raksasa Sifat “anomali air” juga mempengaruhi cuaca, keseimbangan iklim sehingga cuaca di muka bumi tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin. Tentu pula kita harus memperhatikan sifat lainnya dari air seperti tegangan air (yang memungkinkan tanaman “minum” air). Pengetahuan tentang ini dibahas lebih mendalam pada kondisi anomali air hangat/panas

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

6 Responses to "keuntungan anomali air seperti ES BATU mengapung di AIR"

  1. Unik teman. Kita justru baru tahu bahwa suhu dasar perairan itu sekitar 4 derajat celcius. Terimakasih
    Hidup Adalah Perjuangan

    ReplyDelete
  2. iya terima kasih juga atas kunjungan nya :D

    ReplyDelete
  3. Dengan demikian, pada saat dipanaskan, molekul H2O (es) akan merapat lebih dahulu, akibatnya volumnya menyusut.

    ReplyDelete
  4. ok trima kasih atas komentar nya :)

    ReplyDelete
  5. Terima kasih,
    blog ini sering saya jadikan rujukan menulis artikel di www.klikfisika.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe terima kasih gan, jika blog saya jadi rujukan

      Delete