Magnet berfungsi sebagai roda...?


sobat fisikawan24 mari kita bahas tentang rel kereta di jepang yaitu Rel kereta tidak sekadar jalur bagi lokomotif dan gerbongnya, tapi juga hamparan baja yang bisa jadi medan magnet. Medan magnet adalah area maya yang terbentuk akibat adanya gerakan muatan listrik. Secara makro, medan magnet biasa ditemui di kabel dan peralatan elektronik. Ada juga pergerakan elektron dalam orbit atom, yang disebut medan magnet mikro. Satuannya disebut Tesla (T).

apakah itu manglev, MagLev adalah singkatan dari MAGnetically LEVitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis. Sering juga disebut kereta api magnet. Seperti namanya, prinsip dari kereta api ini adalah memanfaatkan gaya angkat magnetik pada relnya sehingga terangkat sedikit ke atas, kemudian gaya dorong baca juga mengenal bahaya formalin dihasilkan oleh motor induksi. Kereta ini mampu melaju dengan kecepatan sampai 650 km/jam (404 mpj) jauh lebih cepat dari kereta biasa. Beberapa negara yang telah menggunakan kereta api jenis ini adalah Jepang, Perancis, Amerika, dan Jerman. Dikarenakan mahalnya pembuatan relnya, di dunia pada 2005 hanya ada dua jalur Maglev yang dibuka umum, di Shanghai dan Kota Toyota.


kita tahu bahwa Kereta Maglev dapat bergerak dikarenakan dibagian bawah masing-masing kaki kereta Maglev ada 2 bagian magnet yaitu magnet penyokong (Support Magnet) adalah magnet yang menarik kereta agar mengambang dan menggerakkannya. Sedangkan dibagian sisi-sisinya adalah magnet penuntun (Guidance Magnet) menjaga kereta tetap di jalur rel. Magnet penyokong dan penuntun ini di pasang pada kedua sisi sepanjang kaki kereta dan sistem control elektronik memastikan kereta melayang. sobat fisikawan24 pasti bertanya-tanya, kenapa kereta ini bisa berjalan tanpa ada gesekan roda, ini rahasianya Kereta Maglev mengambang kurang lebih 10 cm diatas rel magnetiknya. Dorongan ke depan dilakukan melalui interaksi antara rel magnetik dengan dengan mesin induksi yang juga menghasilkan medan magnetic di dalam kereta. Dengan tidak adanya gesekan dengan rel ini menyebabkan kecepatan setinggi itu bisa dicapai. Selain itu juga suara di dalamnya juga jadi sangat tenang.

kita tahu bahwa Jepang merupakan Negara yang maju dalam bidang teknologi, Jepang adalah penguasa terdepan teknologi untuk kereta api super cepat di dunia. Kereta Jepang Shinkansen melayang 10 cm (3,9 in) diatas relnya. Shinkansen menggunakan rodanya hingga mencapai kecepatan 100 km/jam (62 mph) sebelum dia benar-benar melayang. Pada kecepatan tertentu, helium encer yang sangat dingin digunakan untuk meminimalkan kehilangan energi pada bidang maknit. Sedangkan jenis yang dibuat di Eropa menggunakan maknit biasa, tetapi membuatnya lebih cepat melayang Sistem kendali pada Shinkansen MLX01 Maglev menggunakan sistem synchronous motor (LSM). Sistem ini diperlukan untuk memasok listrik ke koil pada rel sehingga membuat kereta melayang setinggi 10 cm diatas permukaan rel. tidak hanya di jepang yang menggunakan magnet sebagai roda tapi di indonesia juga sebenernya roda kereta dalam negeri juga menggunakan magnet akan tetapi, cara menggunakan nya dan sistem kerja nya berbeda. roda kereta indonesia magnet di pakai untuk mencengkram rel agar tidak mudah goncang, dan alasan lain.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Magnet berfungsi sebagai roda...?"

Post a Comment